Belitung Timur Tawarkan Wisata Tambang Istimewa

KAYA akan hasil pertambangan, Belitung Timur memiliki daya tarik tersendiri dari sektor tersebut. Ada wisata tambang yang dikenal dengan nama open pit yang menjadi peninggalan timah pada 1980.  

 

"Saat ini wisata tambang masuk tahap pembenahan. Target penyelesaian sektor pertambangan kira-kira 2017," jelas Kepala Dinas Pariwisata Belitung Timur Helly Tjandra kepada Okezone di Senayan, Jakarta, baru-baru ini.

 

Pemerintah memanfaatkan bekas wilayah pertambangan dari warga China Parit yang pertama kali datang dan melakukan aktivitas menambang saat masa penjajahan Belanda. Mereka menyebut kegiatan ini dengan julukan "ngelimbang".

 

"Masih ada sedikit warga yang melakukan kegiatan ini sampai sekarang. Makan kita manfaatkan dengan sesungguhnya," imbuhnya.

 

Saat berkunjung, wisatawan diajak melihat aktivitas warga mengambil timah di bawah tanah. Hasil timah yang diambil biasanya dijadikan cenderamata yang dibawa pulang wisatawan.

 

Objek wisata ini berada di kawasan Kelapa Kelampit, Belitung Timur. Asyiknya lagi mengunjungi objek wisata ini wisatawan tak dikenakan ongkos paket tur sedikit pun.

Penulis : Dewi Kania
Sumber : lifestyle.okezone.com