SOSIALISASI EMPAT PILAR DI SMA GANTUNG TELLIE DISAMBUT TARIAN DAN PERKUSI GAMAT

 

Sosialisasi Empat Pilar MPR RI yang dilakukan oleh anggota DPD-RI/MPR-RI perwakilan Bangka Belitung Tellie Gozelie, SE. secara rutin kali ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gantung Kecamatan Gantung Kabupaten Belitung Timur (17/02) dan dihadiri oleh 150 peserta yang terdiri dari guru dan para siswa. Tellie mengaku “surprised” sekaligus mengagumi penyambutan yang hangat dan meriah dari siswa-siswi SMA Negeri 1 Gantung yang menghadirkan tarian daerah dan juga kelompok perkusi Gamat yang memanfaatkan bahan-bahan bekas dan diubah menjadi instrument musik yang menghasilkan nada yang harmoni.

 

Tellie dalam sambutan dan paparannya menyampaikan kekaguman tersebut sembari menyatakan bahwa pemeliharaan kita pada nilai-nilai dan kearifan serta tradisi lokal sudah semestinya dipertahankan sebagai salah satu bentuk rasa syukur kita sebagai bangsa Indonesia, bangsa yang majemuk yang memelihara tradisi dan kearifan secara bijak sekaligus merawat ke-Indonesia-an kita dengan tetap merawat keberagaman bangsa Indonesia.

 

Ditambahkannya bahwa seperti bunyi perkusi yang menghasilkan nada yang harmoni, demikian juga Indonesia yang terdiri dari beragam suku, budaya, agama, bahasa daerah, golongan dan sebagainya namun kesatuan dan persatuan kita semua telah menjadikan bangsa ini bangsa yang besar dan bangsa yang mampu menunjukkan kepada dunia bahwa meski beragam kita tetap satu bangsa, satu Bahasa, satu tanah air, yang disambut dengan tepuk tangan meriah dan antusiasme peserta.

 

Tellie menyimpulkan bahwa jika masih terdapat siswa-siswi Indonesia yang merawat keberagaman lewat tradisi, budaya dan kearifan lokal kita secara bijaksana maka selama itu dia optimis Indonesia akan tetap ada dan semakin berjaya kedepan.

 

Sementara Sabarudin, Kepala Sekolah SMA N1 Gantung menyebutkan bahwa kemeriahan penyambutan dan proses sosialisasi tersebut merupakan inisiatif para siswa dan guru yang tergabung dalam OSIS dan Pembina OSIS yang menyambut dengan gembira kedatangan salah satu putra daerah yang kini berkarya pada Lembaga Legislatif di tingkat pusat. Dia mengharapkan agar kedepan akan semakin banyak kunjungan dari perwakilan daerah ditingkat pusat maupun ditingkat daerah.

 

Acara berlangsung dengan meriah dan interaktif, Tellie Gozelie membawakan materi pemaparan dengan format diskusi sehingga mampu mengajak para peserta untuk terlibat dan aktif selama proses sosialisasi berlangsung. (StK-31)